Deretan Keunggulan yang Dimiliki Bahasa Pemrograman Python

Salah satu bahasa pemrograman yang tidak kalah populer dibandingkan dengan JavaScript dan PHP adalah Python. Anda bisa mempelajari semua jenis bahasa pemrograman itu dengan kursus programming online seperti Nextgen. Setiap bahasa pemrograman memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda beda. Di kesempatan kali ini, yuk bahas lebih dalam tentang keunggulan Python.

Deretan Keunggulan Yang Dimiliki Python

  1. Memiliki Library Yang Luas Dan Banyak

Bahasa pemrograman Python banyak dipilih karena memiliki library yang dapat diakses. Di dalam library, terdapat berbagai modul yang menjelaskan bermacam macam kode, mulai dari documentation generation, regular expressions, database, CGI, email, unit testing, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, programmer tidak perlu menulis ulang secara manual.

  1. Open Source

Python juga merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya open source atau gratis. Programmer dapat mengunduh Python tanpa mengeluarkan biaya apapun. Bahasa yang satu ini dikembangkan di bawah lisensi open source dan telah disetujui oleh OSI sehingga bebas digunakan oleh khalayak luas, termasuk untuk tujuan komersial.

Tidak heran jika kemudian berbagai programmer banyak yang melirik Python untuk melaksanakan berbagai program. Tutorial atau cara menggunakan Python juga mudah ditemukan sehingga siapa saja bisa mempelajarinya. Bahkan para mahasiswa dan pelajar bisa mengakses bahasa pemrograman tersebut untuk berlatih kemampuan di bidang pemrograman.

  1. Mampu Meningkatkan Produktivitas Developer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Python memiliki library yang dapat digunakan untuk mempermudah penulisan kode. Programmer tidak perlu lagi menuliskan setiap kodenya satu per satu. Dengan begitu, pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Tentu kondisi tersebut juga akan meningkatkan produktivitas.

Programmer bisa mengerjakan banyak proyek dalam satu hari. Meskipun cepat, program yang dikembangkannya juga minim kesalahan, mengingat kodenya langsung didapat dari library. Hanya saja ketenaran Python masih terbilang kalah dibandingkan JavaScript dan PHP. Namun tetap saya, Python layak untuk digunakan untuk berbagai keperluan.

  1. Mendukung Internet Of Things (Iot) Dengan Baik

IoT merupakan sebuah konsep dimana sebuah objek dapat mentransmisikan atau mengirimkan data tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. IoT terus mengalami perkembangan mengingat ilmu teknologi dan komunikasi terus meningkat. Adapaun contoh penggunaan IoT adalah teknologi QR dan MEMS.

Dari penjelasan tadi, sekarang anda memiliki gambaran apa saja yang bisa dilakukan oleh Python jika mendukung IoT. Bahasa pemrograman ini bisa dibilang cukup canggih dan up to date sehingga dapat menunjang kebutuhan programmer untuk menjalankan tugasnya. Perlu diketahui bahwa fitur semacam ini cukup unik dan memiliki segudang manfaat.

  1. Mudah Digunakan Dan Dipelajari

Python juga dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pemula. Kode bahasanya mudah dibaca dan dapat menjalankan berbagai fungsi yang kompleks dengan mudah. Belum lagi keberadaan library ikut memperlancar seorang pemula untuk bekerja. Penjelasan terkait dengan Python juga sudah banyak dan berbagai modul dapat diakses melalui internet.

Apabila anda bukanlah tipe orang yang mudah belajar hanya dengan buku dan tulisan, tidak ada salahnya untuk melalui youtube dengan melihat secara langsung bagaimana cara menggunakan Python. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tempat kursus atau akademi pembelajaran bahasa pemrograman yang sudah ada dimana mana.

Bahkan lembaga semacam itu juga banyak yang memberikan metode pembelajaran online sehingga anda tidak perlu keluar rumah untuk memperoleh ilmu. Salah satu lembaga yang dimaksud adalah Nextgen. Anda akan bertemu dengan orang orang se frekuensi yang siap membantu proses pembelajaran terkait dengan dunia pemrograman hingga mahir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *